Sabtu, 07 Januari 2012

LDKS SMKN 5 TNG

Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS)
SMK NEGERI 5 TANGERANG

Kamis, 15 Desember 2011

Hari ini seluruh peserata LDKS diharapkan hadir disekolah memakai seragam hitam putih,karena akan ada pemberian materi LDK, materinya yaitu tentang komunikasi, manajemen organisasi, kepemimpinan, tatacara bersidang, dan yang terakhir tentang pembinaan keimanan dan ketakwaan,dan pada hari itu juga dibentuk kelompok tenda,hahh aku heran ko pake tenda,ko gak di vila lagi sih,bukannya tahun kemarin di vila yah.mungkin itu sudah menjadi keputusan panita,ikuti saja lah aturannya.Di dalam kelompok tenda di bagi menjadi 6 kelompok,3 kelompok putra dab 3 kelompok putri,aku mendapat kelompok 3 putri,bersama Rani,Sarah,Nike,Marina,Ana,kiki,hafidz, dan , . . . ,

Sabtu, 17 Desember 2011

Tibahlah hari sabtu, hari yang sangat aku tunggu-tunggu,soalnya hari ini mau ada kegiatan LDKS (Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa),tempatnya di Gunung Halimun, bogor jawabarat. ini LDK ke 2 yang harus aku ikuti kalau masih mau bertahan di Osis,heheeh(kalau gak yaudah gak usah ikut LDK).Aku bangun pagi pagi sekali,soalnya masih ada perlengkapan yang belum aku siapkan,kalau yang lainnya sih sudah aku siapkan semua dari semalam,mulai dari pakaian,makanan,slimut,sandal dan lain sebagainya,banyak deh samape samape tas aku gak muat hehehhe.pukul 06.00 aku berangkat,aku bingung mau ke jalan rayanya sama siapa, semua keluargaku pada pulang kampong masa jalan sih,berat banget ini bawa’annya,aku cari bantuan deh ke rumah saudaraku untuk mengantarkan aku sampai jalan raya,Alhamdulallah dia mau.sudah di jalan raya mah ya tinggal naik angkot deh.
Setengah tujuh aku tiba disekolah (yah cukup lama lah perjalananku dari rumah ke sekolah,jaraknya jauh sih) masih pagi belum banyak peserta yang datang, istirahat dulu deh cape aku.Pukul 07.00 semua peserata sudah pada datang dan harus mengisi absensi kemudian berbaris di lapangan,semua makanan yang disuruh panitia untuk di bawa harus dikumpulkan (seperti botol air mineral,pop mie, indomie goring, kopi ABC mocca, susu coklat, roti, dan beras). Usai mengumpulkan makanan barulah pelaksanaan apel (upacara pembukaan LDKS),upacara berjalan lancer tinggal menunggu mobil datang saja (lama juga yah mobilnya),sambil menunggu mobil datang panitia mengumumkan untuk kelompok jurit malam dan aku dapat kelompok pertama bersama Rizki, Agil, ,Meli, Desityani, Hodi, dan Heza, Cuma ada 7 orang doang kok.Sekitar pukul 09.00 mobilnya baru datang,dan ternyata mobilnya seperti tahun kemarin mobil tentara,ko Cuma 2 sih,kok gak tiga,buat panitianaya manah,ohh ternyata panitianya bergabung dengan peserta, ya sudahlah mugkin karna factor dana juga kali.soalnya tahun ini yang ikut sedikit sih,di mobil kita salaing berdesakan,pada cape semua ini badan.
12.30 kita samapai di tempat tujuan yaitau Gunung Halimun, kita turun dari mobil dan ternyata tempatnya jauh dari jalan,kita harus naik lagi ke atas,SubhanAllah udah cape,bawa barang berat disuruh naik lagi.makin cape ini (semangat semanagt,masih awal gak boleh loyo).setelah jalan, cukup mengurang tenaga sampailah di lokasi chaming ground ,subhanAllah bener bener di hutan,disana sinih pepohonan,dan yang paling banyak pohon cemara. kata si sarah mah berasa di film twilight hehehhe.Beda banget sama LDK tahun kemarin.istirahat sejenak menghilangkan lelah,pukul 13.00 semua peserta disuruh ambil air wudlu karna sudah waktunya untuk sholat dzuhur,kita sholat berjamaah di lapanga.Usai sholat kami dilarang untuk meninggal kan lapangan,kita Cuma disuruh mengembalikan mukenah Ke tas kita masing masing kemudian kembali ke lapangan untuk makan siang,horee makan sudah laper nih dari tadi pagi belom makan hehehhe.makan selesai,kita disuruh berbaris lagi sesuai kelompok tenda dan tiap kelompok di kasih peralatan tenda,kita disuruh mendirikan tenda sendiri,untung ada Rani diakan anak pramuka,jadi dia lebih tau cara mendirikan tenda terus juga dibantu kakak kakak panitianya,hehhehe.makasih yah kak atas bantuannya mendirikan tenda.oya dalam kelompok tendaku ada anggota baru yaitu si anid,aku juga binung ko dia masuk kelompok aku tapi aku gak tau.ya sudahlah kasian juga dia,kita juga gak boleh egois.
Tenda sudah berdiri,kita diberi waktu sebebtar untuk istirahat dan ganti baju,kata kakak panitanya sih suruh pake baju warna putih,loh… mau apa yah kok pakenya warna putih.eh ternyata disuruh baris lagi dilapangan dan disuruh LBB (Latihan Brais Berbaris) yang melatih LBB ini ka Khusni,seperti biasa kami disuruh baris sesuai kelompok tenda,dan aku disuruh berbaris paling depan,disuruh jadi ketua lagi,masyaAllah.. tapi tak apa lah sambil belajar juga.saya sebutin yah ketua kelopok tiap regu (heheheh penting gitu) dari kelompok pertama putra ketuanya itu si Asep,kelompok dua putra si Rizki, dan kelompok ke tiga putra si Dwi Putro, untuk keompok pertama putri si kory, kelompok ke dua putri si pola, dan untuk kelompok ke tiga putri si aku.wow,anak osis semua ketuanaya,kecualai si Rizki.Di latihan LBB ini kami diajarkan gerakan dasar seperti hadap kanan ,hadap kiri, serong kanan, serong kiri, balik kanan, balik kiri (eh gak da yah balaik kiri J ), istirahat ditempat, dan bagaimana hormat yang benar. setelah itu setiapa ketua kelompok disuruh maju kedepan dan belajar menjadi komando untuk yang lain.waduh . . .o iya saat LBB hujan(tapi gak deras banget kok hujannya,tapi lumayan membuat badan basah dan kedinginan).
Pukul 15.00 latihan LBB telah usai,panitia mengomandokan agar setelah di bubarkan langsung MCK dan ambil air wudlu karna sebentar lagi waktu sholat ashar. setelah di bubarkan langsunglah bergegas ambil air wudlu. karena lapangannya becek sholat asharnya jadi di dalam tenda deh,susah juga yah sholat di dalam tenda,kepala kita mentok sama tenda,kami cari tempat agar bisa sholat yaitu di depan pintu tenda,yah disitu cukup tinggi tendanya jadi bisa sholat. Sholat ashar sudah,tadinya mau istirahat,eh disuruh ganti baju warna hitam dan celana hitam trus disuruh baris kelapangan lagi,kali ini barisnya bukan sesuai kelompok tenda tapi sesuai kelompok untuk jurit malam.disinih kami akan melaksanakan kegiatan berikutnya,aku lihat di jadwal sih kayaknya mau pelaksanaan siding deh,kaya apa sih pelaksanaan sidang itu,eh ternyata seperti presentasi.pertama tama setiap ketua kelompok disuruh maju kedepan lalu disuruh mengambil sebuah kertas kecil,kertas itu isinya nama kelomok dan bahan yang akan di persentasikan,dan di kelompok aku dapat kelompok 2 sidang,dan dapat materi tentang Proposal kemudian satu persatu regu majau untuk mempersentasikan materi apa yang mereka dapat dan kelompok lain diberi waktu untuk bertanya jikalau masih ada yang belum dimengerti,(yah emang mirip banget sih kaya presentasi).tiba tiba ada kak mentari memberhentikan kegiatan siding ini (“ka mentari itu alumni smkn 5 angkatan pertama dan dia juga wakil ktua osis pada saat itu”) padahal sidangnya akan baru samapai kelompok 5,tapi kata kan mentari pelaksanaan siding yang kita lakukan itu salah,sidang ya seperti siding bukan seperti presentasi akhirnya pas dikelompok 6 cara sidangnya tidak lagi seperti presentasi,pelaksanaannya benar benar seperti sidang,ada yang jadi jaksa,tersangka,pengacar,dan ada yang jadi saksi.yah seperti itulah sidangnya.
Usai pelaksanaan sidang kami para peserta LDKS disuruh mck sekalian ambil wudlu karna waktunya dah sore dan tiba waktu sholat maghrib.Aku kira sholatnya di lapangan berjamaah gitu,tp malah disuruh sholat ditenda,seperti sholat ashar.Aku coba tanya pada panitia,eh katanya lapangan'y becek dan terpal nya dipakai buat PMR, waktu sholat ashar ajah susah banget,karna kepalanya mengenai tenda,masa harus membungkuk sih.Hemm. . .Gimana ya,oya aku mau cari polibag yang masih tersisa,untungnya si hafidz anak kelas 10 dia masih punya polibag.Yah mungkin aku bisa jadikan polibag itu sebagai alas untuk sholat di depan tenda (didepan loh bukan di dalam).Akhirnya ideku itu dipake oleh beberapa orang,kita sholat bergantian satu sama lain,tapi untuk tadarus Alkurkan kita tadarus bareng-bareng di dalam tenda.

Setelah tadarus selesai tibalah waktu sholat isya,yah tidak berjauh beda dengan ketika sholat maghrib,sholat isya pun dilaksanakan didepan tenda,dengan beralaskan polibag dan dengan bergantian juga. Baru saja melaksanakan sholat isya,dan istirahat sejenak,eh tiba-tiba denger suara orang teriak teriak,aku langsung keluar tenda,ternyata suara itu dari arah tenda panitia,dan ternyatanya lagi ada yang kesurupan.Dari suaranya sih seperti kakamel dan ka mukhlis(mereka itu panita LDKS).Semua peserta disuruh masuk tendanya masing masing,dan disuruh baca yasin kembali. Selesai baca yasin,pada tiduran ajah deh,soalnya kakinya pada cape gara-gara pelaksanaan sidang tadisiang,pelaksanaannya sambil berdiri sih jadi cape deh kakinya.Ya tak apa lah namanya juga LDK masa mau enak-enakan sih itumah namanya piknik Hehehehe.saat asyik-asyik pada tiduran eh ada panitia datang membagikan makanan,haduh kebetulan yah,kita dah pada lapar nih pengen makan."makasih yah kaka panitia".Selesai makan lanjutkan tidur lagi,istirahat sejenak untuk menghilangkan rasa lelah,soalnya nanti malam kan harus jurit malam,dan masih banyak kegiatan lagi di esok pagi.
Lagi enak enaknya kita pada tidur eh ada ka khusni datang membangunkan kita yang sedang tertidur ,aku kira udah mau jurit malam,ternyata belum,tak tau itu jam berapa di tenda tidak ada jam sih,sekalinya bawa hp dikumpulkan Hpnya.ka khusni hanya membangunkan agar kita tidak tidur sajah,anak anak yang tidur di depan pintu tenda mah pada bangun aku mah tidurnya di dekat pintu belakang jadi huamm aku masih ngantuk,tidur lagi deh.ka khusni ngobrol-ngobrol banyak sama anak anak,(kali ini aku gak ceritian yah mereka pada ngobrol apaan,soalnya aku gak begitu tau jelas tentang obrolannya,heheheh),tiba-tiba aku ingin buang air kecil, masyaAllah lagi takut takut gini malah pengen buang air kecil,siapa yah yang mau nganterin aku ? aku cari panitia ajah deh biar dianter,panitia yang ada saat itu Cuma ka tripuspita,aku coba minta dianter sama dia deh,yah kakaknya juga malah gak mau nganter dia juga takut,aku disuruh menahan dulu,ya Allah ka udah gak tahan nih,nanti aku sakit perut.ya sudahlah aku tahan sebentar sambil ka Tripus nyari panitia cowo untuk mengantar ke kamar mandi.eh . . si Rani datang (dia habis di introgasi loh sama panitia inti,dia kan calon ketua osis),si rani juga ngomong sama aku pengen buang air kecil, “yah kebetulan ran gue juga penegen pipis dari tadi nih”.kita bareng bareng cari paniati biar ada yang nganter,ada juga ka khusni,tapi dia lagi asyik ngobrol sama anak anak. Yah ka Tripus datang sama ka Kevin,Alhamdulillah akhirnya ke kamar mandi juga,di tengah jalan ketemu sama 3 kakak alumni,ehh karna aku masih takut diantar 2 orang aku minta kakak kakak itu nganter juga deh,tapi ka Tripus malah kabur gak jadi nganter,ya sudah deh ,akhirnya lega juga nih perut “makasih yah kakak-kakak yang sudah mengantarkan ke kamar mandi” saat kembali ke tenda,eh masih ada kak khusni juga ternyata,saya tidur lagi ajah deh,#masih ngantuk.
Entahlah ini jam berapa akan tetapi paniatai sudah membanagunkan semua para peserta LDK dan kemudian disueruh berbaris di lapangan untuk melksanakan api unggun.api unggunpun berkobar dengan indah dan menghangatkan orang orang yang ada disekitarnya,kita semua pada bernyanyi untuk meramaikan acara tersebut,kemudian teman aku si Sarah disuruh maju untuk bernyanyi di depan nyanyi nya di iringi sebuah gitar sama ka benjo,coba yang main gitar ka bayu,tamabah sosweat…heheheh.usai si sarah nyanyi,ka husni memberikan sebuah permainan (namanya apa yah aku lupa deh . .maaf yah J ) tapi permainannya seru deh pokoknya mah,dalam perminan itu ada yang kena hukuman,yang pertama 3 cowo yang dihukum (siapa siapa yah tiga cowo itu,entahlah aku gak tau siapa namanya,yang aku tau Cuma Dwi putro doing,soalnya dia kelas 11 sih jadi aku tau.heheh) mereka bertiga disuruh joget sambil nyanyi,jogetanya lucu,trus yang kena hokum part dua ketua osisnya yang kena yaitu ka Tika sama agil dia itu anak kelas 10 kalau mereka berdua disuruh joget goyang gayung.hahahah,setelah itu gak adayang dihukum lagi,kemudian untuk yang terakhir kita semua nyanyi potong bebek angsa sambil mengelilingi api unggun sebanyak 2 kali.usai itu lalu ka khusni memberi sedikut pengumuman,dia mengumumkan  kalau acara jurit malam di ganti,nanti juritnya pas pagi ajah (jadi namanya jurit pagi dong).Alhamdulillah aku senang sekali karna aku benar benar takut banget kalau harus jurit malam,entah kenapa aku merasa takut saat itu,tidak seperti biasanya,aku tetap tenang disetiap kegiatan walaupun itu malam,tapi kali ini sangat gak brani,ditambah lagi saat dengar cerita tentang gunung Halimun (katanya sih halimun itu artinya hilang,gimana aku gak takut coba).setelah mendengar pengumuman itu aku merasa lega dan mungkin aku bisa tidur nyenyak nanti malam.setelah usai kita disuruh masuk tenda masing masing dan disuruh pada tidur deh.sebelum tidur aku malah ngobrol dulu sama Rani.tapi Cuma sebentar ko,soalnya ada ka nike datang dan kita disuruh tidur,tidur dehh sudah malam.
Pukul 04.00 panitia membangunkan seluruh peserta LDK,aku langsung bangun dan membangunkan teman-teman satu tenda aku eh mereka susah banget dibangunkan,ya sudahlah aku mah mau cuci muka sekalian mau ambil ari wudlu.Subhanallah airnya dingin sekali apalagi pagi pagi buta gini tapi enak juga sih segar mukanya bangun tidur disiram air dingin.selesai cuci muka ,sikat gigi dan ambil air wudlu aku kembali ke tenda dan menyiapkan mukena untuk sholat karena sudah waktunya untuk sholat subuh,seperti biasa sholatnya di luar beralaskan polybag dan harus bergantian,setelah semuanya selesai melaksanakan sholat panitia membagikan sebungkus roti untuk satu orang dan satu botol besar yang isinya susu coklat untuk satu kelompok tenda,pagi pagi dikasih roti sama susu coklat lagi hemm mantap J,tapi pagi ini perut aku lagi gak enak,aku ingin makan nasi bukan roti,mendingan aku simpan saja roti ini untuk nanti siang,aku minum susunya ajah deh,eh pas aku minum susunya ternyata susunya subhanallah ini susu apa susu ko rasanya gak manis sih,nikmati sajah lah masih untung di kasih itu juga buatnya susuah kali yah,saya ucapkan makasih deh buat paniti yang sudah menyiapkan ini semua,kan say amah tinggal minum,hehehe.makan apah yah saya,kalau gak makan nanti perut aku tambah sakit nih,aku coba keluar deh eh untungnya di luar ada yang jualan nasi uduk,aku ajak yang lain beli juga ah kan biar sama sama maknnya,yang lain pada gak mau beli yang mau Cuma kiki  sama hafidz doang,yah kita makan bertiga doang.si Rani kenapa yah,ko dia jtiduran mulu,apa dia lagi sakit,aku coba tanaya dia dan menawarkan makan bersama saya,ternyata dia lagi sakit tapi dia gak mau makan.aku mau maintain obat sama PMR tapi aku lagi makan,ya sudah aku suruh sarah maintain tolakangina sama Muhi.Terus Muhi datang dan menghanagtkan leher rani dengan minyak kayu putih.aku suruh dia istirahat sajah.
Sekitar pukul 06.30 peserta di suruh kumpul di lapangan,saatnya senam pagi hehehe,sehabis olahraga ini dia saat yang ditunggu tunggu yaitu mendaki Gunung Halimun,eh maksudnya jurit pagi yah lebih tepatnya sih haiking.karena tadi malam gak jadi jurit malam jadinya jurit pagi deh J.kita baris sesuai kelompok jurit tapi karena dalam tiap kelompok jurit itu pada banyak yang  tidak ikut karena sakit jadi kelompoknya pada berkurang,akhirnya panitia mebagi kelompok 7 dan 8 ke kelompok yang lain. di kelompok aku tadinya ada 7 tapi ada yang sakit satu jadi tinggal 6 tapi ditambah sama gama dan silvia jadi ada 8 deh.oiya kelompok yang paling banyak kelompok 2 gak tau deh tu kelompok isinya berapa hehehe.Sebelum berangkat Haiking tangan dan muka kita diberi olesan dulu,dan olesannya itu lupur “oh my god” maskeran dengan tanah, jadi cantik dan ganteng deh muka kita.ya sudahlah terima sajah untuk seru seruan,toh aku senag ko karena gak sendirian.#jiahhhh.lalu kita disuruh pushup sehabis pushup eh disuruh tiarap,sambil tiduran gitu.
Lalu kelompok pertama disuruh berdiri yaitu kelompok aku,kita disuruh jalan dengan satu orang penunjuk jalan,dikelompok aku penunjuk jalannya bang Ranza (dia itu alumni angkatan ke 2,wakit ketua osis lagi) ye akhirnya kelompok aku duluan yang berangkat, untung kau kelompok pertama jadi gak usah lama lama deh tiarapnya,Bismilahirrohmanirrohim semoga selamat di jalan dan kembali ke lokasi camping dengan selamat juga.sebelum tiba di pos satu kita harus melewati pengkolan satu dulu.disitu ada kak Ika dan kak Riska,kita di disuruh berbaris yang rapi dan berhitung juga.okey lengkap lanjutka perjalanan ke pos 1, sebelum tiba di pos satu kita harus jalan bebek sampai pos satu, cape sangat mana jalannya menaik lagi.akhirnya kita disuruh berdiri juga. Di pos satu ada kak Indah( dia juga alumni angkatan ke2) ,ka tripus dan kak Septi mereka panitia LDKS,di pos ini materinya tentang Komunikasi lalu kita di kasih pertanayaan “apa arti dari komunikasi”,aku jawab,yah jawabnya seinget aku ajah deh,toh salah juga yang penting brani jawab #widih.satu persatu dalam kelompok ku di suruh menjawab semua.selesailah pos 1,kita lanjutkan ke pos 2 tapi kok kita disuruh jalan bebek lagi,cape kakak.
Wow… perjalanan yang sangat panjang untuk menuju ke pos 2,naik gunung banget,tapi ini perjalanan yang sangat seru,eh kita ketemu di pengkolan 2,disitu ada kak banjo ada aliran air juga loh kata bang Ranza kita boleh cuci muka dulu disitu membersihkan masker tanah yang menempel di muka dan tangan #makasih yah bang ranza sudah mengizinkan kami cuci muka.lanjutkan perjalanan,karena masih banayak pos yang harus kita hampiri,jalanannya subhanallah mengerikan sekali,kecil banget  jalannya licin lagi ,sana sinih pohon tidak ada rumah sama sekali untungnya kita juritnya pagi,coba kalau malam lebih sanagan mengerikan.kata bang Ranza sih tadinya itu jalan air yang mengalir ke bawah hujan tapi di jadikan jalan oleh para pendaki gunung (dapat pengetahuan baru)heheheh.sebelum tiba di pos 2 loh aku bingung kok tidak ada jalan yah,adanya sungai kecil kita lewat mana dong,eh bang Ranza malah lewat sungai kecil itu dan kita disuruh mengikutinya,ihh dingin.tenyata tidak terlalu jauh ada pos 2 kita disuruh jalan jongkok di dalam air,yah jalani sajah lah toh tiap acara jurit pasti ada air dan kotor kotoran.di pos 2 ini ada kak Ovi (alumni angkatan 2 juga loh) dan kak kamelia (dia sih panitia LDK nya) di pos ini kita dii tanaya tentang manajemen organisasi yah jawab seingatnya saja yang sudah saya pelajari.alhamdulallah yah kelompok saya bisa jawab semua,kemudian di kasih pertanyaan lagi pertanyaannya seperti ini “Apakah kalian tau semua panitia yang ada di sinih” aku jawab saja tau tapi yang lain jawabnya tidak tau,wah berarti aku sendiri dong yang jawab tau,aku suruh menyebutkan satu persatu,nah loh aku ulangi sajah jawabanku ada yang tau ada yang tidak kemudian aku sebutin deh satu satu,Alhamdulillah bener yah jawaban saya,kecuali satu orang yang ada di ujung sana aku tidak tau.hehehhe maaf yah kak aku tidak tau sih nama kakak siapa.trus ditanya lagi “Apakah kalian tau siapa nama penunjuk jalan kalian”,kali ini si Rizki yang jawab,aku sih diam sajah.
Pos 2 sudah terlewati dengan badan yang basah kuyup dan kedinginan,sekarng saatnya melanjutkan perjalanan menuju ke pos 3,tadi dari pos 1 ke pos 2 jalannya menaik sekarang jalannya menurun lebih licin lagi jalannya. supaya kita tidak bosan kita bercanda-canda sambil bernyanyi naik-naik ke puncak gunung.tak lupa kita juga saling mengingatkan supaya berhati hati jikalau ada jalanan yang licin atau kurang baik,kata yang sering kita ucapkan yaitu “awas teman hati-hati” atau “teman hati hati awas” hahaha pokoknya saling membolak balik kata itu,jadi kita slalu saling menjaga dan itulah kebersamaan,pokoknya seru dan menantang deh.aku tak tau ini pos atau pengkolan habis tulisannya di tutupin sih sama kakak pmr yang berdiri di pohon itu sih,aku Cuma melihat tulisan P nya doang,tapi kayaknya ini pos 3 deh, di pos ini ada  kak Nike,kak Tika dan satu kakak yang tidak aku kenal,kayaknya sih alumni juga tapi saya tidak yau namanya siapa.di pos ini kami di tanya-tanaya sama kakak yang cowo itu pertanyaannya sih tentang bagaimana menjadi seorang pemimpin yang baik,dan banyak lagi pertanyaan yang menyangkut tentang seorang pemimpin,kayaknya di pos ini tentang kepemimpinan deh,tapi tidak secara langsung di beri tau tentang materinya, seperti di pos pos sebelumnya.tapi sumpah tuh kakak kalau nanya tegas dan keras banget sampai aku tidak bisa berkata apa-apa, aku hanya bisa mendengarkan setiap kata yang dia ucapkan dan aku mencoba memahiminya, karena kata katanya sangat tersurat sekali artinya, dan aku jadikan itu pelajaran buatku, apakah aku sudah seperti itu atau belum.tadinya aku Cuma diam mendengarkan kata katanya,si Riski sih yang banyak ditanya dan menjawab,tapi tetap sajah jawabannya slalu di bikin pertanyaan lagi sama kakaknya.eh tiba tiba kak Tika nunjuk aku dan bilang aku anggota osis,waduh,aku jadi kena juga deh,mau gak mau aku juga harus brani jawab,jangan jadi pengesut rin,saya jawab sebisa saya ajah deh,karena Cuma itu yang membuat aku berani menjawab setiap pertanyaan,kalau hanya mengharap kesempurnaan dan takut salah kapan aku braninya,disinih kan LDK belajar untuk tegas dan brani.
Sanagt menegangkan juga yah di tanya-tanaya sama kakak cowo itu,tapi itu sudah terlewati,perjalanan masih panjang semangat terus yah kawan kawan dan sekarang saatnya menuju ke pos 4,tak lupa di perjalanan kita harus saling menjaga dan mengingatkan supaya berhati hati,di kelompok aku yang paling kasihan si Gama soalnya dia badannya agak gemuk jadi sering cape dan jalannya lama”heheheh maaf yah gama, tapi kita tetap solidaritas kok,saling menunggu jika ada yang masih jauh tertinggal di blakang, tetap semanagt yah teman cahyo kita pasti bisa.kita harus naik gunung lagi untuk sampai ke pos 4,cukup membuat lelah ditambah udaranya dingin.sampai juga deh di pos 4,di pos ini ada kak Dede (dia juga alumni angkatan ke 2) dan kak mukhlis, biasanya setiap di pos kita disuruh berbaris tapi di pos 4 ini kita hanya disuruh duduk di atas batu yang besar yah lumayanlah cukup untuk 8 orang dudukmah.kami di kasih pertanayaan tentang proposal ,aku sedikit ingat ingat lupa tentang proposal ini,biar si Riski dulu ajah deh yang jawab biar aku dapat inspirasi dan ingat,lalu setelah Riski si silvia yang menjawab terus ketiga aku deh,hehehe jadi ke tiga deh aku jawabnya ,habis aku lupa sih setelah denger jawaban mereka aku sedikit ingat,ya aku jawab ajah apa yang aku ingat #iya gak ? tapi yang 5 orang gak pada jawab jadi kena hukum deh mereka,kita bertiga mah tidak kena hukum,tapi karena rasa kebersamaan satu dihukum harus dihukum semua dong,aku coba berdiri untuk ikut di hokum,tapi malah dimarahin sama ka Dede ya sudah duduk lagi,tiba tiba dia ngomong tentang solidaritas,hadohh piye iki ayolah kita sama sama di hokum biar ada rasa solidaritas gitu jangan egois kawan kompakin yah,hehehe.tapi mereka berlima tetap harus menjawab pertanyaannya.mereka berunding sambil dingin-dinginan karena berundingnya sambil berendam di dalam air.saat berendam di air perut aku jadi sakit,kenapa yah,tapi aku tahan jangan sampai jadi lemah tinggal satu pos lagi yang harus aku tuju.semangat rin.akhirnya mereka bisa menjawab juga dan hukuman pun selesai.tapi sebelum melanjutkan ke pos 5 eh kita disiramin dulu sama kak mukhlis ya ampun jadi tambah dingin kakak.
Sekarang saatnya melanjutkan ke pos terakhir yaitu pos 5, untuk bisa sampai ke pos 5 jalannya sangat jauh dan lebih licin dari sebelum sebelumnya trus juga jalannya menurun lagi loh teman,udah turunan licin lagi sampai-sampai banyak yang jatoh kepleset dari mulai si Gama,Silvia,dan Meli,mereka jauh lebih kotor pakaiannya apa lagi si Silvia sepatunya sudah seperti berlumur lumpur,Alhamdulillah saya mah lebih berhati hati jadi tidak,heheheh tapi seru ko karena kita menjalaninya dengan gembira dan tanpa berkelu kesah.kita baru sampai nih di pos lima setelah melewati jalan yang panjang dan berbelok itu,air lagi air lagi kali ini main air lagi deh makin dingin ajah nih badan.di pos 5 ada kak Mentari (itu loh yang waktu ada di kegiatan sidang),ada kak Chintia juga,dan ada kak Latif,kita disuruh berbaris di aliran air itu untungnya barisnya sambil berdiri tidak sambil duduk di dalam air.di pos ini kita diberi pertanyaan tentang “iman dan ketakwaan” yang pertama jawab sih si Kidar lalu aku terus si Silvia trus Meli dan bergantian sampai dalam kelompok aku jawab semua.lumayan lah di pos ini tidak terlalu susah #sok banget ya.usai selesai menjawab kita dikasih kesempatan untuk membersihkan pakaian kita,yah minimal tidak kotor banget lah kan tadi habis jatoh jatohan di jalan jadi bajunya pada kotor deh dan disinilah kita membersihkannya.okey pakaian sudah lumayan bersih saatnya kita menuju ke tempat camping.sebelum kita melangkah jauh dari pos lima kita di beri sebuah nasihat sama ka Ranza seperti ini nasihatnya “jadikan ini semua adalah pelajaran dan pengalaman walau kalian cape insyaAllah suatu saat nanti ini akan bermanfaat buat kalian,dan kalian janagan pernah menghiraukan omongan orang yang mencela kalian,dan dengarkan nasihat teman” seingat aku cum itu nasihatnya tapi kata katanya keren kok dan ini sangat bermakna sekali buat aku makasih yah kak Ranza sudah memberi kita petunjuk jalan dan juga sudah menasihati kita.Alhamdulillah selesai juga haiking ini,sekarang saatnya kembali jalan menuju lokasih camping. oya aku baru ingat kalau bekal air minum kita ketinggalan di pos 5 eh si Gama kehausan,untungnya kita belom jauh dari pos 5 suruh gama ajah ambil deh.
Di jalan kita pada merasa lapar,soalnya tadi pagi Cuma di kasih roti doang sih.ehh aku kan masih punya roti aku nitip sama meli,kita buka deh satu roti itu dan kita makan bareng bareng kan gak boleh egois makan satu makan semua.hehhee.Tidak usah lama lama deh cerita di jalannya,karena jalannya udah gak licin lagi,langsung ajah yah tiba di tempat camping,seperti biasa sehabis juritkan biasanya langsung mandi dan ganti baju,eh ini mah tidak dibolehin sama ka Restu,katanya sih masih ada game dan game itu masih harus kotor kotoran di lapangan,game apaan sih ? seru gak yah ? yang aku liahat sih Cuma ada tambang besar dan ban mobil bekas di lapangan.liat nanti ajah deh.heheh egak jadi mandi kita pada berjemur di lapangan soalnya kan badan kita bash kuyup biar kering gitu.aku sih cari makanan di tas aku siapa tau ada yang nyelip belom aku makan,eh ternyata masih ada biscuit di tenda juga ada rani dia kan gak ikut jurit yah aku makan sama rani deh tapi tak lupa juga aku bagis sama teman teman sekelompoku.di lokasi campong juga banayak ibu ibu yang jualan nasi uduk keliling,anak anak cowo mah pada beli tuh sil silvia juga,aku sih udah beli nasi uduk sebelum berangkat jurit jadi gak laper deh.
Nungguin kelompok lain lama banget datangnya,ehh kelompok 2 baru nyampe,jadi baru 2 kelompok deh yang baru datang.saat sudah jenuh menunggu yang lain iseng iseng kita main tarik tamabang ajah,kebetulan ada tambang besar tuh dan kelompok 2 juga sudah datang.kelompok satu melawan kelompok 2,owhhh sumpah sakit banget telapak tangannya gara gara tuh tambang samapi merah deh,gak ikiu main lagi ah ngliatin jah juga seru kok,ikut triak triakannya ajah deh.mereka masih lama juga datang nya,foto foto dulu deh sama si Kori biar ada kenang kenangan gitu.heheheh.akhirnya semua kelompok datang semua,kemudian kami disuruh berbaris dilapangan.sebelum bermain game kita makan dulu yuk,panitia sudah datang tuh membawa makanan,setelah makan baru deh main game,mainnya perkelompok loh,disnih ada dua permainan yang pertama kita disuruh melewati lubang bang mobil yang berdiri dan ban itu agar tidak sampai jatuh jiklau jatuh harus diulang dari awal lagi dan permainan ke dua yaitu tarik tambang.karena aku kelompok pertama maka kelompok aku yang memulai duluan untuk di game yang pertama yaitu masuk ke lubang ban (hahaha seru seru permainannya) setelah kelompok aku selesai bergantian kelompok yang lain sampai yang terakhir kelompok 6,dan untuk permainan ke dua kita yaitu Tarik tambang, disinih gak harus setiap kelompok ikut semua tapi hanya di wajibkan 5 orang sajah yang maju 3 putra dan 2 putri,kelompok kami melawan kelompok 2,wahh kita sudah berusaha tapi tetap sajah kelompok ku kalah,hahahah yang penting seru seruan deh.maaf yah tidak menceritakan kelompok lain soalnya aku gak tau sih,aku malah ke kamar mandi saat itu,habis aku dah kalah sih ya kabur ajah deh.ihihihihi Selesai game kita disuruh merapihkan tenda dan memunguti sampah sampah yang ada di lingkungan camping,aku sih bagian membersihkan sampah,biar yang lain yang merapihkan tenda.setelah selesai merapihkan tenda dan membersihkan lingkungan kita dikasih waktu 15 menit untuk ganti baju ,masyaallah gak kelamaan tuh 15 menit,segini badan sudah pada kotor bangetnya.yah gak jadi mandi deh,gant baju ajah lah,ehh kelamaan ganti clana ajah deh dengan rok baju gak usah di ganti nanti juga kering sndiri,tinggal pake switer ajah inimah.
Tiba waktunya untuk kembali ke SMKN 5 Tangerang,tapi sebelum pulang upacara penutupan dulu,di dalam upacara itu panitia mengumumkan pemenang game,tapi yang bikin aku bingung ko ada piala segala yah,buat apa sih ? masa buat pemenang game sih ? entahlah,toh dalam game kelompok aku kalah,aku harap sih ada pemenang kelompok tenda terbaik putra putri dan pemenangnya itu kelompok tenda aku hahah #ngarep, ditunggu ajah deh pengumumannya jangan sok tau.tibalah pengumuman jreng jreng…yang pertama disebutkan juara terbaik putra  yaitu Tahta.R (gak taulah lah R nya itu siapa) loh aku kira si Asep yang bakal dapetin,eh ternyata si Tahta, baru ke pengumuman ke 2 yaitu juara terbaik putri yaitu Masrinah,loh *cengo.yakin gak yakin ko aku yah. . . yaudah deh maju ajah.dalam hatimah bersyukur saya Alhamdulillah ya Allah masih di berikan kesempatan bisa jadi yang lebih baik dari yang lain.dan untuk juara game dimenangkan oleh kelompok 4 kelompoknya si Restu. Kemudian kembali ke tempat dan upacara pun berakhir,yeeeee . . . . Sebelum bubar dari barisan kita berfoto dulu untuk seluruh peserta LDKS.barulah kita ke mobil,dan seperti biasa pulangpun kita harus saling berdesakan dimobil.yang penting selesailah sudah LDKS ini.

Kesimpulanku :
Alhamdulillah saya ucapkan terimakasih kepada Allah yang tlah memberikan aku kesehatan sehingga aku dapat mengikuti LDKS ini,dan kemudian kepada kedua orang tuaku yang telah mendoakanku dan yang memberiku dana sehingga aku bisa ikut LDK ini,kepada para semua panitia LDKS yang sudah bekerja keras membimbing dan menjaga kami di tempat Haiking,pada teman-temanku juga yang slalu mendukungku juga sehingga aku ada semangat karena ada kalian.

LDKS ini sungguh sangat berbeda dengan LDK tahun kemarin,sekarang tempatnya benar benar di alam kita belajar bersatu dan bercengkraman dengan alam,sehingga kita bisa merenung sejenak Alam yang indah ini diciptakan oleh Allah Maha Besar Engkau Yang Esa, Kita juga tidur ditenda merasakan dinginnya udara yang berhembus dari gunung itu, disinih kita juga saling berbaur dengan kelas 10 sehingga kita bisa saling dekat tanpa harus memandang sebuah tingkatan lebih tinggi atau lebih rendah,sehingga tidak ada rasa egois dan kesombongan,disinih juga kita harus selalu saling membantu satu sama lain dan juga saling kerja sama untuk bisa kompak.disinih kita juga harus slalu menjaga setiap ucapan yang kita keluarkan.dan masih banyak lagi pengalaman yang aku dapat dari LDK ini.

Sekali lagi aku ucapkan terimakasih kepada semua panitia LDK yang sudah bekerja keras menjadikan kita belajar menjadi seorang yang berani, bertanggung jawab, dan mengajarkan kita untuk disiplin.Aku yakin kalian lebih sangat cape dari kita para peserta Karena kalian yang telah menyediakan segala kebutuhan kita saat kita LDK.kalian panitia yang hebat,The Best buat kalian semua panitia LDKS tahun 2011/2012.
Mungkin hanya itu yang dapat saya ceritakan mengenai pengalam saya di kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa.kurang dan lebihnya saya mohon maaf yang sebesar besarnya.
sedikit albumnya nih 
     

selesai

By : masrinah

2 komentar:

  1. Oh kamu salah satu siswi dari kelompok satu ya, terima kasih sudah mau dibimbing oleh saya.
    Semoga menjadi siswi yang bermanfaat dan menjadi suri tauladang bagi yang lain. :)

    BalasHapus
  2. iyah kak.makasih juga sudah membantu dan membimbing kami.
    amin Ya Allah.

    BalasHapus

thank yah sudah mampir di blog saya. gimana pendapat anda tentang blog saya.